Kemarau Menghantui

BOGOTANJUNG,April 2019 sudah mulai tidak turun hujan sampai saat ini.Petani yang hanya mengandalkan  air hujan untuk mengairi sawah dan tanamannya kini sudah mulai pasrah menghadapi keadaan sawah yang sudah mulai retak lebar. pada tahun sebelumnya musim kemarau Mulai datang di awal bulan Juli,sehingga banyak petani yang berani untuk tanam padi pada awal bulan April 2019 karena sesuai prediksinya bisa terairi sampai usia 85hst dan diperkirakan bisa panen di awal kemarau.

Kenyataan berkata lain,ternyata musim kemarau datang lebih awal diluar prediksi awal para petani. Ratusan hektar tanaman padi di Kecamatan Gabus Pati Gagal Panen.

Abdul Qohar,Petani muda sekaligus Admin dari Komunitas  Petani Pesbuk  Pati dari desa Plumbungan Kecamatan Gabus begitu antusiasnya berharap kepada Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat agar bisa melanjutkan dan bisa mengaktifkan proyek irigasi Jeratun yang dibangun di era pemerintahan Orde Baru bisa dilanjutkan kembali agar dapat mengairi area lahan sawah pertanian khusunya di Pati selatan mulai Dari Kecamatan Tambakromo,Gabus sampai Jaken  kedepannya bisa teraliri air dan tidak ada gagal panen lg akibat kekurangan air.

 

Tinggalkan Balasan