Vaksinasi Tahap Pertama Desa Bogotanjung

bogotanjung-gabus.desa.id – Pelaksanaan vaksinasi tahap pertama warga Bogotanjung, Kecamatan Gabus diikuti oleh sembilan puluh jiwa. Dari sembilan puluh jiwa tersebut terdiri dari golongan muda dan tua ” Kalau yang mas tanyakan vaksin pertama ini, untuk yang muda berusia 18 tahun sampai lebih dan yang tua kira-kira hanya saampai usia 50 an mas ,” tutur Sumarmi, kaur tata usa, pelayan pendaftaran vaksin, Selasa ( 6/10/21).

Pelaksanaan vaksinasi yang seharusnya dilakukan di puskesmas dialihkan di desa masing masing. Hal ini dilakukan untuk memudahkan warga melakukan vaksinasi di tempat yang lebih dekat dengan tempat tinggalnya.

Sumarmi menjelaskan bahwa warga yang mengikuti vaksinasi tersebut, harus melengkapi sejumlah persyaratan dahulu seprti KTP dan surat daftar dari Puskesmas. “Seperti bapak itu mas, dia awalnya sudah daftar, maka kami pun tinggal memberikan surat daftar atas namanya yang dari Puskesmas,” tuturnya.

Dalam pelaksanaanya ada beberapa kendala, seperti jumlah warga yang datang untuk vaksin tidak sesuai dengan tarjet. Dari jumlah kuota vaksinasi mencakup 90 orang pendaftar, namun ada beberapa yang tidak hadir mengikuti vaksin. Maka, dari beberapa pendaftar yang tidak ikut itu di gantikan oleh orang lain. “Kalau yang datang tidak sesuai tarjet, maka diisi oleh orang lain yang baru mendaftar, meski dia belom memperoleh surat daftar dari puskesmas sebelumnya,” tuturnya.

Selain itu, juga ada beberapa warga yang tidak dapat surat vaksin kedua, hal ini karena identitas yang tertera dalam KTP warga tidak dapat diakses secara online. Ana, selaku petugas Puskesmas Gabus 2 yang melakukan verifikasi terhadap KTP warga menjelaskan bahwa, KTP yang dimiliki warga itu belom dionlinken oleh kecamatan. “Itu kan data KTP nya belom dimasukkan secara online, jadi warga ya harus datang ke kecamatan untuk mengonlinekan KTP nya, dengan membawa persyaratan KTP, KK dan surat nikah,”tuturnya.

Sumarmi berharap agar dalam pelaksanaan vaksinasi selanjutnya berjalan dengan lancar dan sesuai dengan tarjet jumlah warga yang mendaftar.

 

Tim KKN IK Gabus : Eka, Jumroh, Riski

Oleh : Rs

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan